Event

Peresmian Pojok Pengawasan Panwaslih Kota Banda Aceh

Kamis, 27 Desember 2018

Pojok Pengawasan adalah pusat pengembangan ilmu dan pengetahuan mengenai demokrasi dan pengawasan pemilu. Manfaat tersebut bukan hanya diberikan bagi publik awam saja, melainkan juga kepada penggiat dan pemantau pemilu, bagi para pemangku kepentingan pemilu dan pengawasan pemilu. Terlebih lagi untuk pengawas pemilu itu sendiri. Lebih jauh, manfaat Pojok Pengawasan dalam diformulakan sebagai berikut :


1.    Ruang partisipasi dan ekspresi masyarakat

Dalam melakukan pencegahan pelanggaran pemilu dan pencegahan sengketa proses pemilu, Panwaslih Kota Banda Aceh mempunyai tugas meningkatkan partisipasi masyarkat dalam pengawasan pemilu itu sendiri. Di mana kita ketahui bersama, jika masyarakat adalah mitra terbesar Panwaslih dalam melakukan pencegahan pelanggaran Pemilu dan sengketa dari Pemilu itu sendiri.

2.    Meningkatkan Mutu Dan dan Informasi Pengawasan Pemilu

Keberadaan Pojok Pengawasan sebagai Pusat informasi pengawasan Pemilu, menuntut adanya data dan informasi pengawasan pemilu yang aktual dan akurat. Karena pembaruan data dan informasi adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi dalam Pojok Pengawasan agar publik dapat mengakses kebutuhan informasi tersebut dengan mudah, cepat dan murah. Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

3.    Meningkatkan Pemahaman dan Kesadaran Masyarakat, Peserta dan Pemangku Kepentingan Pemilu tentang pelanggaran pemilu serta partisipasinya dalam pengawasan pemilu.
4.    Meningkatkan Pelibatan Masyarakat dalam Pengawasan Partisipatif

Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas dan integritas penyelenggaraan pemilu itu sendiri. Apabila semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam pengawasan pemilu, makan semakin banyak pula potensi penyelenggaraan yang dapat dihindari. Semakin kurangnya penyelenggaraan pemilu maka semakin kecil pula terjadi pelanggaran dan kecurangan dalam Pemilu. Sehingga hal tersebut akan meningkatkan kualitas dari penyelenggaraan pemilu.

Sehubungan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga Panwaslih Kota Banda Aceh dan keterbukaan informasi Pemilu di Kota Banda Aceh, pihak Panitia Pengawas Pemilihan kota Banda Aceh melaksanakan acara  Peresmian Pojok Pengawasan Panwaslih Kota Banda

Acara : Peresmian Pojok Pengawasan Panwaslih Kota Banda Aceh
Hari : Jumat, 28 Desember 2018
Tempat : Sekretariat Panwaslih Kota Banda Aceh
Alamat : Jalan Tandi No 9 Kampung Ateuk Munjeng, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh