andalas

Inisiasi » Andalas Connecting

Pemerintah Indonesia beberapa waktu telah menetapkan sebuah rancang bangun percepatan pembangunan ekonomi berbasis kawasan yang dikenal dengan nama Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Inisiatif ini merupakan fokus pemerintah dalam pembangunan Indonesia ke depan melalui pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan influsi dengan harapan menjadikan Indonesia bagian dari 12 (dua belas) besar kekuatan ekonomi dunia.

Pemerintah Indonesia membagi wilayah pembangunan dalam beberapa koridor, antara lain koridor Sumatera, Jawa, NTT-NTB, Maluku-Papua, Sulawesi, dan Kalimantan. Di tiap-tiap koridor terdapat sumber daya unggulan yang harus dikembangkan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah konektivitas antara simpul-simpul ekonomi, baik yang ada di dalam koridor maupun antar koridor dan yang ada di luar koridor.

Rancangan percepatan pembangunan yang ditetapkan pemerintah tersebut tentu saja membutuhkan dukungan (partisipasi hingga pengawasan) dari berbagai pihak untuk meminimalisir dampak dan eksesnya. Masyarakat sipil sudah selayaknya memiliki konsep sandingan untuk mewujudkan tujuan kesejahteraan yang sama.