News

Komponen Masyarakat Sipil Aceh Mendukung Pelaksanaan SDGs

Senin, 01 Juni 2015

foto Bappeda Aceh

Jumat (29/5), Bappeda Aceh, UNDP bersama komponen masyarakat sipil Aceh melaksanakan kegiatan pertemuan guna membahas tindak lanjut Persiapan pelaksanaan Percontohan Sustainable Development Goals (SDGs) pada isu tata kelola pemerintahan, perdamaian dan perlindungan hukum. Pertemuan ini sendiri diselenggarakan di kantor Forum LSM Aceh. Adapun komponen masyarakat sipil yang hadir adalah Forum LSM Aceh, Katahati Institute, LBH, Flower Aceh, Koalisi NGO HAM, Kontras Aceh, MATA, LPPM, ICAIOS.
Tujuan dilakukan pertemuan ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penggunaan data dan pemanfaatan data oleh CSO Aceh dalam melakukan upaya-upaya perumusan kebijakan evidence based policy and evidence based advocacy menurut Ibu Aksara yang merupakan perwakilan UNDP Jakarta.
Provinsi Aceh merupakan salah satu pilot project pelaksanaan percontohan SDGs tersebut bersama dengan Provinsi DI Yogyakarta, sehingga ini menjadi suatu kesempatan bagi Aceh baik pemerintahan dan masyarakat sipil Aceh untuk terlibat aktif menyukseskan program SDGs ini. Pertemuan sebelumnya juga sudah dilakukan pada hari Kamis (28/5) di Kantor Bappeda Aceh dengan mengundang seluruh SKPA, Unsur Penegak Hukum dan komponen masyarakat sipil Aceh, menurut Hasrati selaku Kabid Bappeda Aceh menyatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini untuk membangun kemitraan yang baik antara pemerintahan dengan CSO dalam menyusun indikator pencapaian tujuan dan target SDGs serta perencanaan program pembangunan lainnya.

TAGs: