News

Katahati Institute Tawarkan Rumah Pengetahuan ke Pemko Banda Aceh

Kamis, 07 April 2016
Aplikasi Pemko Banda Aceh dalam genggaman [Ilustrasi] sumber : aceh terkini

Aplikasi Pemko Banda Aceh dalam genggaman [Ilustrasi] sumber : aceh terkini

Katahati Institute menawarkan konsep bertajuk “Rumah Pengetahuan” kepada Pemerintah Kota Banda Aceh untuk memudahkan publik mempelajari atau mengadopsi 80 aplikasi yang telah dilahirkan oleh Pemko Banda Aceh.

Tawaran tersebut disampaikan tim Katahati Institute, Raihal Fajri dalam audiensinya dengan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, Rabu (3/2/2016).

Dikatakan Raihal Fajri, konsep “Rumah Pengetahuan” itu berupa pelayanan untuk menyebarkan informasi dan data terkait sejumlah inovasi yang berbasis IT yang telah dilahirkan oleh Pemko Banda Aceh.

“Rumah Pengetahuan”, sebutnya, diharapkan menjadi tempat pertukaran pengetahuan antara Banda Aceh dan daerah lain.

Katahati akan melakukan asistensi serta memfasilitasi para pihak yang mempelajari atau mengadopsi inovasi dari Banda Aceh.

Fokusnya bukan hanya goverment to goverment, tetapi termasuk juga pada private sector seperti perusahaan-perusahaan.

Masih menurut Raihal, sejumlah best practice Pemko Banda Aceh seperti e-Kinerja, Open Data, dan Musrena hingga yang teranyar SIPBM Online dapat menjadikan Banda Aceh sebagai salah satu destinasi wisata inovasi di Indonesia.

Atas tawaran tersebut, Wali Kota Illiza menyambut baik dan menyatakan akan mendukung setiap gagasan dari lembaga manapun sejauh membawa kebaikan bagi seluruh warga Kota Banda Aceh.

“Konsep yang ditawarkan Kata Hati juga sejalan dengan program Open Goverment Indonesia (OGI) dan Open Goverment Partnership (OGP), dimana Kementerian PPN/Bappenas telah memilih Banda Aceh sebagai pilot project.”

Kata Illiza, ide seperti yang ditawarkan Katahati dapat menjadi inovasi baru hasil kolaborasi pemerintah dan CSO guna memberikan informasi pembelajaran aktif dan posisif kepada publik.

“Semakin banyak yang mempelajari berbagai aplikasi dan program yang kita bangun, kita juga akan menjadi lebih sukses nantinya,” kata wali kota seraya memastikan konsep “Rumah Pengetahuan” ini akan dibicarakan lebih lanjut dan rinci pada pertemuan selanjutnya.

Sumber : acehterkini.com