Wacana

LIPI Akan Mempublikasikan Hasil Penelitian Intoleransi Dan Radikalisme Di Indonesia

 

Hasil Penelitian Intoleransi Dan Radikalisme Di Indonesia” Di Sembilan Provinsi

Penelitian yang bernaung dalam Program  Narasi Positif (LIPI, 2018) ini terdapat dua kegiatan utama yakni penelitian dan advokasi kebijakan. Kegiatan penelitian terdiri atas pengumpulan data lapangan dan penyusunan output laporan penelitian. Sedangkan kegiatan advokasi kebijakan mencakup kampanye publik. Kedua kegiatan ini merupakan satu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Perbedaannya dengan kedua studi di muka, kegiatan penelitian dalam program ini lebih bersifat melakukan konfirmasi terhadap sejumlah penelitian yang telah dilakukan serta melakukanupdate terhadap data kontemporer yakni intoleransi dan radikalisme pada masa kini, yang disebut sebagai post truth society.

Ujung dari penelitian maupun advokasi kebijakan adalah membangun dan memperkuat narasi-narasi positif mengenai ke-Indonesiaan dan kebangsaan, sekaligus melakukan counter discourse terhadap narasi negatif mengenai intoleransi dan radikalisme berbasiskan agama atau etnisitas.

(more…)

Kami mengundang Anda semua untuk berdiskusi, jika Anda memiliki kelonggaran waktu dan suasana batin yang sama, mari kita mulai!

0